fbpx

Harumkan nama bangsa juga bermakna kepahlawanan


Bandung (suaramilenial.com) – Sejumlah masyarakat yang hadir dalam Upacara Peringatan Hari Pahlawan di TMPN Cikutra, Bandung menyatakan tokoh yang mengharumkan nama bangsa jadi makna pahlawan saat ini.
   
“Saat ini pahlawan ya orang-orang yang mengharumkan nama bangsa,” ujar Puri Alvita, siswi SDN 025 Cikutra yang turut dalam barisan upacara Peringatan Hari Pahlawan, di TMPN Cikutra, Sabtu.
   
Menurut Puri, dia ikut upacara itu untuk menghargai jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.
   
Siswi kelas 6 itu menjelaskan pada zaman perjuangan, pahlawan adalah orang yang memperjuangkan kemerdekaan bangsa dan negara.
   
“Imam Bonjol, Pangeran Antasari, Insinyur Soekarno, Muhamad Hatta, terus Ibu Kartini,” ungkap Puri menyebutkan beberapa nama pahlawan yang diingatkan.
   
Sementara itu, Jasmine, siswi di sekolah itu menyatakan, “Pahlawan zaman sekarang itu adalah yang berjasa untuk kita, untuk bangsa juga. Contohnya ayah, ibu, guru-guru dan tentara juga bisa karena menjaga kesatuan Indonesia. Polisi juga bisa, karena mereka juga menjaga keamanan negara.”
   
Menurut Koordinator Siswa Siswi Peserta Upacara Peringatan Hari Pahlawan, Carwa (54), total siswa siswi yang ikut berjumlah puluhan orang.
   
“Ada sekolah yang mengikutkan 40 orang, ada 30 siswa, ada juga 35 orang. Untuk tingkat SMP ada SMPN 40, SMPN 19. Dan SD ada SD Swasta Istiqomah dan juga SD 27,” jelas Carwa.
   
Tujuan siswa-siswi dalam Peringatan Hari Pahlawan itu adalah untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah mendahului.
   
Selain itu, perhelatan tersebut juga dapat memberi pelajaran kepada para siswa siswi untuk meneruskan perjuangan para pahlawan membela bangsa dan negara.
   
Sementara itu, seorang wartawan radio swasta Theresia Olivia Itran mengatakan pahlawan adalah tokoh-tokoh yang telah berjasa bagi bangsa memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.
   
“Untuk saat ini pahlawan menurut saya adalah semua guru yang ada di Indonesia karena mereka pahlawan tanpa tanda jasa,” ujar Theresia.
   
Menurut dia, atlet-atlet yang memenangkan pertandingan olahraga juga dapat menjadi pahlawan masa kini karena jasanya mengharumkan nama bangsa.
 

.

    Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November di TMPN Cikutra dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.
    Sejumlah masyarakat yang hadir terdiri dari ASN TNI, Polri, veteran, dan gerakan pemuda, serta siswa-siswi. 

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © suaramilenial.com





sumber

Mungkin Anda Menyukai

%d blogger menyukai ini: