fbpx

KAI-Komunitas Railfans sosialisasi keselamatan di perlintasan sebidang


Madiun, Jatim (suaramilenial.com) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 7 Madiun bersama Komunitas Railfans Daop Pitoe melakukan sosialisasi keselamatan bagi warga yang melewati perlintasan sebidang kereta api di Jalur Perlintasan Langsung (JPL) 138 Kota Madiun, Jawa Timur, Sabtu.

Manajer Humas PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko di Madiun mengatakan, sosialisasi dilakukan menyusul sering terjadinya kecelakaan di perlintasan sebidang akhir-akhir ini, baik perlintasan yang resmi maupun tidak resmi.

“Maka perlu adanya sosialisasi keselamatan dan keamanan agar masyarakat lebih meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian saat melintasi pintu perlintasan kereta,” ujar Ixfan kepada wartawan.

Menurut dia, hingga saat ini, masih banyak masyarakat tidak taat aturan pada perlintasan kereta api. Contohnya, banyak ditemukan pengendara yang menerobos saat palang sudah menutup dan sejumlah pelanggaran lainnya.

Kecelakaan yang terjadi di perlintasan sebidang antara kereta api dengan pengguna jalan sejatinya dikarenakan kurangnya kewaspadaan dan tidak pahamnya masyarakat terhadap peraturan yang ada. Ditambah lagi tidak adanya petugas pengaman karena bukan merupakan perlintasan kereta resmi.

Adapun prosedur keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api, katanya, telah diatur dalam Undang-undang (UU) Nomor 23 tahun 2007 tentang Perkeretaapian dan UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ).

 



Dalam aturan itu, disebutkan bahwa para pengguna jalan wajib untuk mendahulukan kereta api yang hendak melintas.

Sementara, sosialisasi keselamatan melintasi perlintasan sebidang tersebut digelar dengan membentangkan spanduk di perlintasan dekat Stasiun Madiun.

Spanduk tersebut berisi tulisan imbauan mematuhi aturan berlalu lintas saat melintasi rel kereta api yang sebidang dengan badan jalan. Selain itu, juga membagikan stiker keselamatan kepada pengendara yang berhenti.

“Kami akan terus melakukan sosialisasi mengenai keselamatan berkendara, khususnya pada perlintasan kereta api kepada masyarakat sehingga dapat menurunkan tingkat kecelakaan yang melibatkan kereta api dan kendaraan,” katanya.

Baca juga: KAI sediakan makanan angkringan gratis di Stasiun Madiun

Baca juga: Kemenhub siapkan “loop line” solusi perlintasan sebidang

Baca juga: Meminimalisasi kecelakaan di perlintasan sebidang

Pewarta:
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © suaramilenial.com





sumber

Mungkin Anda Menyukai

%d blogger menyukai ini: