fbpx

Presiden arahkan pembangunan pasar rakyat saat peresmian Rakernas Asparindo 2018


Jakarta (suaramilenial.com) – Presiden Joko Widodo saat menghadiri Peresmian Rakernas Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia (Asparindo) Tahun 2018 mengarahkan pemerintah, BUMN, BUMD, dan asosiasi terkait pasar untuk bersama membangun pasar rakyat.
   
“Oleh sebab itu, yang namanya pasar rakyat memang memerlukan sebuah perhatian khusus, agar eksistensi pasar itu betul-betul tetap bisa survive ditengah gempuran supermarket-supermarket, pasar-pasar modern yang hampir di semua kota sekarang ini ada,” kata Presiden dalam sambutannya di Hotel Arya Duta, Jakarta pada Rabu.
   
Menurut Presiden, pasar rakyat merupakan tempat berkumpulnya produk dan komoditas dari berbagai profesi seperti nelayan, pengrajin, maupun petani.
   
Mantan walikota Solo itu menjelaskan agar dapat bersaing dengan supermarket maupun swalayan modern, pasar rakyat perlu berbenah agar tidak lagi sebagai pasar yang becek, dan tidak rapi.
   
Kepala Negara juga mengatakan harga-harga produk di pasar tradisional bisa bersaing dengan harga produk di pasar modern.
   
Mantan walikota Solo itu mengatakan kendati demikian, pengelola pasar pun harus dapat menjaga kondisi pasar agar konsumen makin tertarik untuk datang.
   
Menurut Presiden, pemerintah hingga pada 2017 telah membangun sekitar 2.660 pasar di seluruh Tanah Air. Sementara pada 2018 ditargetkan sebanyak 1.500 pasar.
   
“Plus pasar-pasar di desa yang telah dibangun sebanyak 6.500 pasar desa. Meskipun kecil-kecil tapi sangat bermanfaat bagi ekonomi di pedesaan,” ujar Jokowi.
   
Dalam acara tersebut, Presiden didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, dan Ketua Umum Asparindo Joko Setyanto.
   
Rakernas Asparindo 2018 mengangkat tema “Digitalisasi Pasar Rakyat”.
   
Pertemuan itu adalah upaya memperkuat konsolidasi antar Pengelola Pasar Rakyat di tingkat Kota/Kabupaten yang tersebar di 34 Provinsi.
   
Proyek digitalisasi bisnis perpasaran pun menjadi perhatian Asparindo.

Baca juga: Presiden Jokowi tak ingin pasar kalah dengan mall

Baca juga: Presiden Jokowi resmikan pasar rakyat Maros baru

Baca juga: Presiden Jokowi berkeliling di pasar Maros baru

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © suaramilenial.com





sumber

Mungkin Anda Menyukai

%d blogger menyukai ini: